2 Cara Menggunakan MBR untuk HP yang Mudah Dipahami

  • Whatsapp
Cara Menggunakan MBR untuk HP

MBR berisikan EXE kode dimana fungsinya dapat berdiri sendiri sebagai rantai pengatur partisi pada VBR atau Volume Boot Record. Awal mula konsep atau cara menggunakan MBR untuk HP ini sudah ada dari tahun 1983. Volume dalam penyimpanannya pun semakin besar sampai 2 TB. Yang sepertinya juga telah menjadi pembatas dari tahun 2010.

Namun, dengan begitu pemakaian MBR sekarang ini tampaknya semakin populer yang menjadikan idaman para teknisi elektronika. Kabarnya tidak saja untuk penghancur short di HP, nyatanya MBR sudah dipakai teknisi TV yang juga menggunakannya untuk membenarkan TV LED atau LCD.

Apa Itu MBR ?

Memperbaiki HP untuk zaman sekarang ada yang disebut MBR. Apa sih MBR itu? MBR adalah kepanjangan dari Master Boot Record yang disebut boot sector pada saat hardisk komputer dibatasi. Bagaimana sih cara menggunakan MBR untuk ponsel? Sebelum kesitu, disini MBR dapat mengatasi logical partisiĀ  yang didalamnya berisikan file system yang mengatur sistem.

Harga jual dari MBR sendiri pun ternyata cukup mengocek kantong. Contohnya pada toko, harganya bisa mencapai setengah juta per-unit. Belum lagi jika dijual di online, harganya ada yang hampir sama dengan yang dijual toko. Atau bahkan ada yang dijual lebih mahal dari harga toko. Lalu cara menggunakan MBR untuk HP ini apa saja langkahnya? Dibawah ini akan dijelaskan cara pengaplikasiannya yang mudah digunakan tanpa ribet.

Langkah untuk Menggunakan MBR untuk HP

Setelah mengetahui dari apa itu arti dari MBR, langkah selanjutnya adalah mengetahui langkah maupun cara menggunakannya. Dijelaskan apa itu MBR karena banyak yang belum tahu pengertian dari MBR ini. Maka, di bawah ini dijelaskan mengenai cara menggunakan mbr untuk hp yang mana bermanfaat untuk memperbaiki HP yang rusak:

1. Menggunakan Alat untuk Menghancurkan Short

Fungsi pertama dalam menggunakan MBR adalah alat untuk menghancurkan short. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengetahui dahulu Volt yang akan dipakai oleh HP. Dimana dalam komponennya baik open ataupun short yang tidak diketahui, lebih baik diketahui dahulu jumlah Volt yang diperlukan.

Selanjutnya setelah diketahui berapa Volt, bisa langsung setel Volt-nya di MBR lewat memutar potensio. Setelah itu, langkah ketiga rekatkan pin tester pada area short. Lalu pegang atau cermati pin tersebut, dan mulai terlihat adanya elemen HP terasa panas atau bahkan terbakar.

Nah, jika sudah ketahuan adanya elemen yang panas atau terbakar, maka elemen itulah yang rusak atau yang sudah menjadikan rangkaian tersebut short. Maka, segera untuk perbaiki masalah tersebut sebelum merusak pada komponen yang lainnya. Karena jika tidak segera diperbaiki, mungkin akan merusak pada komponen lain. Dan pastinya akan bermasalah dalam penggunaan kedepan.

2. Volt Meter atau Alat Pengganti Multitester Digital

Fungsi kedua dalam cara menggunakan MBR untuk HP yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan alat Voltmeter pada HP. Dimana alat ini disebut juga pengganti multitester. Selain itu juga, alat ini dapat juga dipakai sebagai pengukur Voltase suatu rangkaian.

Cara untuk menggunakan alat Voltmeter ini pun sangat mudah sekali. Hanya dengan mengatur tegangan yang dibatasi atau tergantung dari komponen voltmeter amperemeter yang digunakannya juga. Lalu aplikasikan pada HP yang ingin diperbaiki. Dan selesai sudah pemakaian Volt meternya.

Cara diatas adalah yang dapat digunakan dalam cara menggunakan MBR untuk ponsel dalam memperbaiki hp dalam 2 fungsi. Cara tersebut juga bisa dipakai untuk tv ataupun led yang dapat digunakan oleh teknisi tv. Pasalnya, caranya pun hampir sama dan tidak jauh berbeda.

Baik pengganti short maupun Voltmeter bisa dipraktekkan karena masing-masing mempunyai fungsi berbeda baik itu untuk perbaikan HP maupun TV. Selain mudah dilakukan, cara ini pun simple digunakan dan tidak terlalu rumit. Sekian ulasan mengenai cara menggunakan mbr untuk hp di atas, semoga bermanfaat.

Related posts