Paling Mudah, 2 Cara Membuat Akun Instagram di Smartphone dan PC

Cara Membuat Akun Instagram

Cara membuat akun Instagram tentu bukan persoalan yang sulit, tetapi kali ini rangkuman tersebut disampaikan dengan beberapa pembahasan. Meski terkesan hal spele, tetapi tidak semua orang paham detail akan cara membuat akun Instagram tersebut.

Semenjak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, banyak kegiatan yang harus dilakukan di rumah, membuat hampir semua orang merasa kebosanan dan kehabisan cara untuk mengatasi kegabutannya. Salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan di rumah ini, banyak masyarakat yang bermain sosial media.

Cara Membuat Akun Instagram

Menjelajah sosial media merupakan salah satu kegiatan yang digemari masyarakat hingga saat ini. Berselunjur di dunia maya tak hanya untuk mencari pertemanan saja, namun juga bisa digunakan untuk meraup pundi-pundi uang. Bagi para pebisnis atau pemilik usaha, sosial media merupakan alat yang tepat untuk mempromosikan dagangannya. Berbicara mengenai sosial media, tidak afdol jika belum menyenggol Instagram.

Instagram menjadi salah satu sosial media dengan pengguna lebih dari 1 miliar di dunia. Disebutkan oleh Riset NapoleonCat jika pengguna aktif Instagram di Indonesia sudah mencapai 61.610.000, dimana presentasenya 50,8 persen adalah perempuan dan 49,2 persennya laki-laki. Nah, jika kamu memiliki sebuah bisnis, Instagram adalah tempat yang cocok untuk melakukan promosi atau sekedar menyalurkan kekreativitasan. Sebelum melakukan promosi atau menyalurkan hobi di Instagram, tentunya kita harus memiliki akun terlebih dahulu, nah kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat akun Instagram yang benar.

Dibawah ini terdapat dua cara membuat akun Instagram dari Hp dan Komputer yang benar, yuk simak selengkapnya.

Cara Membuat Akun Instagram Tanpa Ribet

Cara Membuat Akun Instagram Dari HP

Untuk mengetahui cara membuat akun Instagram dari Hp, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Install aplikasi Instagram terlebih dahulu yang telah di sediakan secara gratis di App Store (iOS) atau Google Play Store (Android).
  2. Jika aplikasi telah terinstall dengan benar, ketuk ikon Instagram untuk membukanya.
  3. Pada tampilan awal, pengguna akan disuguhkan dengan langkah-langkah awal pendaftaran. Ketuk daftar dengan email atau nomor telepon (Android) atau buat akun baru (iPhone), setelah itu masukkan alamat email atau nomor telepon (tunggu beberapa saat hingga muncul kode konfirmasi), lanjutkan dengan ketuk Berikutnya.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pendaftaran dengan Facebook dengan menggunakan akun Facebook yang telah di miliki.

  1. Apabila pengguna mendaftar dengan menggunakan alamat email atau nomor telepon, harus menyiapkan nama pengguna serta kata sandi yang cukup aman. Kata sandi yang aman haruslah terdiri minimal dari 6-12 kata yang berisi kombinasi antara huruf dan kata.
  2. Apabila pengguna mendaftar dengan akun Facebook, maka pengguna akan diminta untuk login ke akun Facebook jika telah logout.
  3. Setelah semuanya selesai, Instagram akan memberi pilihan untuk menghubungkan dengan Facebook atau tidak, jika kamu memilih untuk menghubungkan dengan Facebook maka segala aktivitas yang kamu lakukan di Instagram akan di unggah pada akun Facebookmu juga. Namun jika kamu tidak ingin menghubungkan Instagram ke Facebook maka kamu bisa melewati dengan klik pilihan Lewati atau Skip.
  4. Instagram juga akan memberi saran beberapa kontak di hp kamu yang juga memiliki akun untuk di ikuti atau tidak. Jika ingin mengikuti, kamu hanya perlu klik Ikuti atau Follow. Apabila tidak ingin mengikuti kamu bisa melewati langkah ini dan mencari sendiri nama akun yang ingin kamu ikuti.
  5. Apabila kamu telah melewati semua langkah atau Cara membuat akun Instagram dengan benar, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil instagram yang telah kamu buat tadi. Kamu bisa menambahkan foto profil dan beberapa pilihan untuk memasukkan informasi pribadi seperti nomor telepon.

Langkah terakhir adalah memilih pilihan Remember atau Login pada opsi untuk mengingat informasi tentang login yang telah kamu lakukan tadi agar tidak selalu harus mengingat nama pengguna akun serta kata sandi setiap akan menggunakan Instagram. Pada langkah ini sangat penting dilakukan apalagi untuk pengguna yang sering lupa dengan kata sandi akun.

Setelah mengetahui cara membuat akun Instagram dari Hp, selanjutnya pengguna juga dapat membuat akun Instagram dari Komputer, bagaimana Cara membuat akun Instagram dari Komputer?

Baca Lebih Lanjut : Cara Memperbarui Instagram agar terhindar dari Bug dan malware.

Cara Membuat Akun Instagram Dari Komputer

  1. Buka aplikasi Browser yang terdapat di komputer, dan ketik Instagram.com
  2. Apabila halaman utama sudah muncul, klik Daftar dan masukkan alamat email yang digunakan
  3. Setelah itu buat nama pengguna dan kata sandi, atau juga bisa klik login dengan Facebook untuk mendaftar menggunakan akun Facebook. Apabila daftar menggunakan Facebook, pengguna akan diminta untuk login ke akun Facebook jika sudah logout.
  4. Apabila ingin daftar menggunakan email, klik Daftar.

Perlu diketahui jika kamu daftar akun Instagram menggunakan email, maka pastikan bahwa email yang kamu gunakan tersebut benar agar tidak terlalu berbelit prosesnya. Untuk memastikan keamanan, jangan pernah memberikan password email kepada siapapun karena bersifat rahasia. Apabila kamu memiliki dua akun Instagram, tak perlu khawatir karena keduanya dapat dijalankan di satu hp yang sama. Dibawah ini adalah Cara menggunakan dua Instagram di satu hp yang sama.

  1. Buka setting terlebih dahulu, kemudian scroll ke bawah, cari opsi Add Account yang terletak dibawah opsi Clear Search History.
  2. Apabila kami ingin berganti akun, bisa dilakukan dengan tap di bagian username yang berada di sebelah pojok kiri atas, yang di tampilkan sebagai drop down menu.
  3. Dari opsi Add Account, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya dengan memilih sign in atau membuat akun baru.
  4. Setelah kamu memiliki dua akun di satu hp yang sama, maka akan muncul nama akun yang kamu buat dan pilihan untuk beralih.

Seperti yang telah dijelaskan diata, bahwa Cara membuat akun Instagram juga dapat dilakukan dengan akun Facebook. Nah, dibawah ini sudah saya paparkan Cara membuat akun Instagram dengan akun Facebook, agar kamu tidak kebingungan lagi.

  1. Buka aplikasi Instagram terlebih dahulu. Pada halaman Login, pilih Login with Facebook.
  2. Masukkan email dan kata sandi akun Facebook yang telah kamu miliki sebelumnya. Jika kamu belum memiliki akun Facebook, buat terlebih dahulu. Kemudian klik Masuk.
  3. Selanjutnya klik Lanjutkan.
  4. Masukkan nama username yang telah kamu siapkan sebelumnya. Username yang tersedia akan ditandai dengan checklist warna hijau. Selanjutnya klik Next.
  5. Pada halaman ini, Instagram akan menyarankan kamu mengikuti teman-teman Facebook yang juga memiliki akun Instagram. Klik Next jika kamu tidak ingin mengikuti.
  6. Lengkapi info profil dengan menambahkan foto profil. Klik Add a photo untuk menambahkan atau Skip untuk melewati.
  7. Klik Save agar kamu tidak harus login setiap kali membuka Instagram.
  8. Selamat, akun Instagram telah berhasil dibuat.

Apabila kamu ingin fokus pada bisnis, kamu juga bisa menggunakan Instagram Ads untuk melakukan promosi serta penjualan produk bisnis.

Nah, itulah beberapa cara membuat akun Instagram yang dapat saya sampaikan. Pastikan bahwa kamu selalu membaca panduan terlebih dahulu sebelum membuat akun Instagram, hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan. Semoga Informasi ini dapat membantu dan bermanfaat.