5 Cara Membatasi Pemakaian Wifi Tanpa ke Telkom

cara membatasi pemakaian wifi

Apabila dirasa jaringan Wifi lemot, bisa jadi karena user yang masuk ke dalamnya jumlahnya sangat banyak. Solusinya ialah pelajari cara membatasi pemakaian wifi supaya jaringan kembali normal. Namun, sayangnya cara untuk melakukannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sejatinya, untuk membatasi pemakaian wifi caranya sangat simpel. Adapun yang terpenting, pemilik berniat untuk melakukan secara serius. Nah, terkait hal tersebut, silakan disimak ini cara-cara yang bisa dicoba:

1. Batasi dengan Melakukan Pengaturan pada Modem

Jika pemilik bisa melakukan setting modem sendiri, maka tidak mengapa cara pertama ini dilakukan yaitu mengatur user wifi melalui setting modem. Namun, jika tidak bisa lebih baik menghubungi pihak Telkom saja sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Nah, cara untuk melakukan pengaturan user melalui setting modem, yang pertama pemilik harus membuka browser lalu masukkan kode IP 192.168.1.1 silakan klik Enter. Jika sudah selesai masukkan username dan password wifi lalu klik Login. Nah, ketika sudah berada di dashboard silakan klik Setting lalu pilih Network dan tab SSID Setting. Kemudian, silakan ubah Maximum Clients menjadi 10 user saja. Selesai, jangan lupa klik Submit.

2. Atur Jumlah User Wifi dengan Aplikasi P2POver

Terkait melakukan cara membatasi pemakaian wifi, pemilik tidak boleh sembarangan dan tidak boleh khawatir akan gagal. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi pihak ketiga yang bisa dijadikan sebagai sarana yang disebut dengan istilah aplikasi P2POver.

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengunduh aplikasi P2POver dan Google Play Store lalu menginstalnya supaya terpasang di perangkat. Setelah itu, silakan buka aplikasi tersebut lalu masuk ke System Setting. Jika sudah muncul pilihan fitur silakan tab Adaptor Jaringan lalu Klik Ok.

Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu, silakan pengguna memilih Schedule Setting lalu klik New. Jika sudah selesai tab saja fitur Select All dan akhiri dengan tekan Oke. Nantinya, akan muncul opsi pemilihan user. Silakan pilih saja Control All lalu tekan Start. Nah, jika muncul beberapa opsi, klik kanan saja opsi tersebut lalu pilih Apply Rule to Host Selected. Selesai, pengguna tinggal menonaktifkan saja user mana yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Cara Membatasi Bandwidth WiFi

3. Ingin Membatasi User Wifi? Pakai Saja Aplikasi NetCut

Aplikasi Netcut ternyata juga bisa digunakan untuk membatasi penggunaan wifi. Caranya silakan unduh aplikasinya dulu lalu buka aplikasi di ponsel. Setelah itu, masuk ke dashboard dan lihat ada beberapa user yang muncul di jendela utama tersebut.

Nah, jika pengguna ingin menonaktifkan sebagian user, silakan geser saja tombol yang ada di samping nama user sampai berubah abu-abu. Jika ingin mengaktifkan kembali silakan geser kembali sampai berubah menjadi hijau.

4. Batasi dengan Menggunakan Aplikasi NetLimiter

Selain Netcut, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi NetLimiter jika hanya untuk membatasi pengguna wifi. Caranya juga relatif sama, yaitu unduh aplikasinya dulu lalu buka NetLimiter di smartphone. Langkah berikutnya silakan buka fitur Dashboard lalu masuk ke fitur Limit. Jangan lupa tab Value yang muncul lalu masukkan jumlah user yang diinginkan. Selesai, silakan klik Save.

5. Batasi Penggunaan Jaringan dengan Langsung Menghubungi Telkom

Oleh karena berhubungan dengan perangkat keras modem, mungkin ada kekhawatiran jika melakukan pembatasan sendiri, maka tidak mengapa langsung menghubungi Telkom. Biasanya pengguna tidak dikenakan biaya karena sudah termasuk perawatan.

Jadi, silakan pengguna memilih cara membatasi pemakaian wifi yang mana yang paling disukai dan tentunya aman. Ini juga untuk kepentingan apalagi jika karena jaringan yang dibiarkan bebas, justru membuat pekerjaan menjadi terganggu.

Baca Juga:
Cara Menghidupkan WiFi Indihome yang Mati
Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android Tanpa Aplikasi
Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi

Related posts