6 Cara Melihat Spek Laptop Lenovo dengan Cepat dan Akurat

  • Whatsapp
cara melihat spek laptop lenovo

Merek laptop kini cukup banyak bermunculan beserta beragam fitur unik yang menjadi kelebihan setiap seri produk. Perlu diketahui juga cara melihat spek laptop Lenovo, Acer, Asus, atau merek lainnya agar dapat disesuaikan dengan penggunaan dan menambah panjang usia. Spesifikasi laptop biasanya memuat berbagai informasi seperti RAM, ROM, layar, Windows, dan sebagainya.

Calon pembeli tentunya dapat menyesuaikan spek atau spesifikasi yang dimiliki laptop dan intensitas atau kebutuhan penggunaan. Biasanya terdapat beberapa spek yang butuh perhatian lebih atau memiliki perbedaan tampilan. Nah, kali ini akan dijelaskan  bagaimana mengetahui cara melihat spek laptop Lenovo secara cepat, mudah, dan akurat melalui ringkasan sebagai berikut:

1. Menggunakan DXdiag

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengetahui spesifikasi adalah menggunakan DXdiag. Pertama tekan Windows dan R, kemudian ketik DXdiag pada kolom yang tersedia, pilih OK, biasanya proses memakan waktu lebih, dan selesai. Mungkin cara ini merupakan yang paling mudah dan sederhana untuk diikuti karena hanya memiliki beberapa cara untuk melihat spesifikasi.

2. Melalui Pengaturan atau Setting

Mengetahui spesifikasi laptop selanjutnya dapat digunakan untuk mengetahui informasi bluetooth, RAM, seri produk, dan sebagainya. Pengguna hanya harus membuka pengaturan atau settingan yang dengan mudah ditemukan melalui search Windows. Kemudian pilih System, About, dan spesifikasi secara berturut-turut untuk memunculkan informasi yang diinginkan.

3. Mengecek Spek di Control Panel

Cara melihat spek laptop Lenovo selanjutnya adalah melalui Control Panel yang ada pada menu Windows Explorer. Setelah itu, kunjungi This PC atau My Computer kemudian klik kanan dan pilih menu Properties. Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar spesifikasi laptop Lenovo yang sedang digunakan, informasi yang ditampilkan biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok.

4. Command Prompt

Penggunaan Command Prompt atau biasa dikenal sebagai CMD merupakan salah satu perintah yang dapat digunakan untuk melihat spesifikasi. Program ini merupakan software bawaan Windows yang dapat dikunjungi dengan mengetik Command Prompt pada search aplikasi. Langkah selanjutnya klik Command Prompt, system info, dan tunggu hingga hasil scanning selesai yang menunjukkan spesifikasi laptop.

5. Menggunakan Aplikasi Speccy

Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui atau mengecek spesifikasi laptop dengan memanfaatkan software yang sudah terpasang. Akan tetapi beberapa pengguna mungkin akan memilih aplikasi luar laptop karena beberapa tahap atau cara yang dirasa lebih sulit. Selain itu, menggunakan aplikasi atau software juga akan muncul berbagai informasi yang kadang terpisah-pisah di dalam laptop.

Salah satunya adalah aplikasi atau software Speccy yang memang khusus dibuat untuk mengetahui spesifikasi laptop pengguna. Cara menggunakannya cukup mudah, pengguna hanya harus mengunduh aplikasi tersebut. Kemudian melakukan install aplikasi pada laptop, ikuti serta tunggu proses hingga terpasang, dan aplikasi akan langsung menunjukkan spesifikasi laptop ketika dibuka oleh pengguna.

Download Speccy disini

6. Memanfaatkan Software CPU-Z

Tidak asing mendengar atau melihat kata CPU yang berkaitan dengan komputer, namun ternyata ini berbeda. CPU-Z merupakan salah satu aplikasi atau software seperti Speccy yang dapat membantu mengetahui spesifikasi dengan mudah dan cepat. Cara penggunaannya serupa dengan Speccy, pengguna dapat memilih salah satu yang dirasa cocok sesuai dengan kebutuhan.

Setelah mengetahui caranya, pengguna dapat menyesuaikan laptop Lenovo yang akan dipilih berdasarkan penjelasan sebelumnya. Selain itu, cara melihat spek laptop Lenovo dapat digunakan untuk hal lain seperti mengganti sparepart atau melakukan install ulang. Pengguna juga harus memastikan betul fungsi setiap spesifikasi agar tidak menyesal ketika telah memilih atau membeli.

Baca Juga:
5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect ke WiFi
8 Cara Melihat Spesifikasi Laptop di Windows 10

Related posts