Cara Melihat Messenger yang Telah Dihapus untuk Kembalikan Pesan Penting

  • Whatsapp
Cara Melihat Messenger yang Telah Dihapus untuk Kembalikan Pesan Penting

Untuk kegiatan perpesanan, Facebook mengandalkan Messenger sebagai aplikasi tambahan yang masih terkait. Sebagai aplikasi multi platform, Messenger dapat digunakan tanpa harus menginstall Facebook. Pamornya sudah mulai turun, sebagian orang mulai uninstall Messenger yang menyebabkan pesan terhapus. Ada cara melihat Messenger yang telah dihapus melalui bantuan tambahan jika tiba-tiba membutuhkan pesan yang ada dalam Messenger.

Semakin kesini, banyak aplikasi chat dan media sosial baru yang lebih menarik perhatian para pengguna. Sebut saja Line, WhatsApp, Instagram dan lain-lain. Ada saatnya pengguna membutuhkan data yang ada pada pesan Messenger sehingga pesan tersebut harus segera dipulihkan. Jangan khawatir, beberapa cara di bawah ini mungkin bisa menjadi penolong.

Pulihkan Kembali Messenger yang Telah Dihapus Melalui Bantuan Browser

Sebelum pamornya android dan beragam aplikasi, membuka Facebook sering dilakukan melalui browser. Untuk memulihkan pesan Messenger kali ini pun dapat menggunakan browser dengan masuk ke laman Facebook. Cara selengkapnya yaitu:

  • Pada browser PC atau mobile ketikkan alamat Facebook yakni https://www.facebook.com/ lalu tekan enter.
  • Setelah muncul laman utama, pengguna diharuskan login terlebih dahulu. Masukkanlah username dan password dari akun Facebook atau Messenger yang ingin dipulihkan pesannya. Setelah yakin password dan usernamenya benar, tekan enter atau klik “Login”.
  • Di dalam laman Facebook pengguna, telusuri “Setting” yang terdapat di bagian kanan atas.
  • Menu Setting akan mengarahkan pengguna ke opsi lain dan carilah setelan “Your Facebook Information” dan masuk kesana.
  • Opsi tersebut memuat informasi terkait banyak hal yang telah pengguna lakukan di Facebook yang sudah direkam. Klik pada “Download Your Information” untuk mendapatkan informasinya.
  • Saat ini yang dicari adalah pesan, pengguna bisa berikan centang pada “Message” lalu tekan “Create File”.
  • Tunggulah sekitar 30 menit karena pesan yang dipulihkan merupakan semua pesan yang telah dihapus. Tekan “Download” jika proses load telah selesai.
  • Terakhir, buka file tadi untuk menemukan pesan yang dicari. File berbentuk zip sehingga perlu di ekstrak terlebih dahulu.

Memulihkan Pesan Messenger Melalui Aplikasi Facebook

Selain menggunakan browser, cara melihat Messenger yang telah dihapus dapat melalui rekanannya sendiri yakni aplikasi Facebook. Messenger yang terhubung pada Facebook memudahkan sistem untuk menelusuri pesan-pesannya tanpa harus menginstall ulang Messenger. Agar tidak salah langkah, ikuti cara di bawah ini dengan benar:

  • Jika tidak ada aplikasi Facebook di perangkat, silahkan install terlebih dahulu melalui Google Play Store atau toko aplikasi lain.
  • Facebook yang sudah terpasang bisa langsung dibuka dan login ke akun pengguna.
  • Dari menu, carilah “Pengaturan” dan masuk ke “Akses Informasi Anda”.
  • Dalam pilihan tersebut banyak informasi yang dapat dicentang jika ingin didapatkan. Centanglah hanya pada “Pesan” saja untuk mendapatkan informasi terkait pesan.
  • Buat filenya lalu tunggu sistem memproses hingga ada notifikasi selesai.
  • Download file tersebut dan ekstrak.

Manfaatkan Fitur Archive untuk Mencari Pesan yang Telah Dihapus

Kabar baik bagi pengguna yang sempat mengarsipkan pesan sebelum menghapusnya. Pasalnya, ada cara lebih sederhana untuk memulihkan pesan tersebut yakni dengan membuka aplikasi Facebook Messenger lalu tekan “See All Messenger” agar semua obrolan dimunculkan. Klik lagi pada “Archive Threads” untuk menampilkan arsip obrolan. Disana pengguna bisa melihat Messenger yang diarsipkan dan cari yang dibutuhkan.

Akhir kata, agar pesan yang tidak sengaja terhapus dapat dikembalikan lebih cepat. Bagi pengguna yang masih menggunakan aplikasi pesan Messenger hendaknya melakukan back-up secara berkala. Walaupun ada cara melihat Messenger yang telah dihapus, tentu pengguna akan cukup kerepotan ketika harus mencari satu saja pesan penting pada file download yang memuat seluruh pesan yang telah dihapus.

Baca Juga:
Cara Melihat Arsip Status WA Sendiri Yang Sudah Lama
Cara Melihat Cadangan Pesan WA di Google Drive dengan Mudah
Cara Melihat Online IG yang Disembunyikan Tanpa Aplikasi Tambahan

Related posts