6 Cara Melihat IMEI Samsung Untuk Cek Legalitasnya

  • Whatsapp
cara melihat imei samsung

IMEI adalah sederet angka unik yang ada pada Smartphone yang dipasarkan ke publik. Untuk itu cara melihat IMEI Samsung perlu diketahui oleh setiap pengguna Hp jenis ini. Hal ini ditujukan untuk mengecek apakah android tersebut resmi diperjualbelikan atau tidak. Perhatikan langkah berikut ini:

1. Mengecek Pada Box Kemasan

Box kemasan akan selalu didapatkan setiap melakukan pembelian Android Samsung. Baik pembelian baru maupun bekas pasti akan mendapatkan box wadah. Pada box tersebut lihat dengan teliti pada bagian sisi sampingnya atau sebelah bawah. Pada box tersebut biasanya tertera ragam informasi tentang android itu sendiri.

Nomor IMEI akan ikut tertera pada bagan informasi tersebut. Serta, lebih baik lakukan pengecekan nomor IMEI yang tertera pada box dengan nomor yang ada di Hp. Ini dilakukan supaya saat melakukan pembelian bekas atau baru isi dan kemasan adalah satu jenis yang sama.

Baik pada smartphone merk Samsung maupun merk lainnya biasanya akan tertempel stiker rincian di belakang. Stiker tersebut mencangkup detail tentang nama produk beserta tipenya. pada bagian bawahnya tertulis nomor IMEI, barcode, perusahaan pembuat serta letak tempat pembuatannya. Cara melihat IMEI Samsung yang satu ini terbilang sangat mudah dan tidak merepotkan.

2. Lihat Permukaan Baterai yang Terpasang

Baterai yang tertanam di dalam Hp juga tertera nama, tipe bahkan nomor seri dari IMEI. Sebelum melakukan pengecekan pastikan jika android yang ingin dicek telah non aktif. Lepas bagian penutup belakang hp lalu lihat pada baterai yang terpasang.

Cari dengan jeli di setiap sisi baterai tersebut. Tulislah nomor IMEI yang tertera pada note untuk disimpan. Selain itu juga dapat mencocokkan tipe dan nama ponsel, kapasitas baterai apakah sama dengan yang tertera di kardusnya. Penting dilakukan apalagi saat melakukan pembelian Hp bekas.

4. Cek Menu Pengaturan

Cara melihat IMEI Samsung yang tak perlu ribet pada jenis android yang telah dimiliki dan dipakai. Cukup dengan masuk ke menu pengaturan yang tersedia di dalam android. Cocok jika tidak ingin susah membongkar ataupun mencari box kemasan tersimpan dimana.

Setelah masuk geser terus kebawah untuk mencari fitur tentang telepon. Akan muncul detail informasi tentang ponsel terpakai tersebut.  Cari nomer IMEI bila tidak tertera cobalah dengan menekan pilihan status. Nomor IMEI akan muncul di bawah nama dan tipe dari ponsel. Lakukan Screenshot atau foto layar dan simpan ke galeri.

5. Kirimkan Kode USSD Melalui Menu Panggilan

Langkah berikutnya dengan mengirimkan kode USSD lewat menu panggilan. Tuliskan pada kolom kontak *#06# lalu tekan pada kotak hijau bertulis sim 1 atau sim 2. Pilih nomer sim yang aktif dan sedang dipakai.  Tunggu hingga pesan balasan dari pihak Samsung masuk ke pesan. Buka pesan yang berisi detail informasi yang dimiliki android tersebut. Lewat pengecekan ini nomer IMEI yang tertulis dapat disalin langsung.

6. Lewat Google

Buka aplikasi Google pencarian yang terpasang pada android pengguna. Masuk dengan mengisi link Google Find My Device pada kotak cari. Login dengan memasukkan email yang terpakai di Hp yang akan dicek. Nomor IMEI yang dicari bisa didapat dengan menekan perintah Find My Device. Tekan informasi maka nomer akan terlihat di bawah nama ponsel. Selain Cara melihat IMEI Samsung juga terdapat informasi mengenai kapan awal dan akhir aplikasi didaftarkan.

Enam cara melihat IMEI Samsung diatas juga bisa dipraktekkan pada tipe atau merk smartphone lainnya. Nomor IMEI yang didapat nantinya bisa dibuat untuk melakukan pengecekan legalitas dari ponsel. Selain itu dapat melakukan pengajuan nomor IMEI ke link resmi perusahaan jika sewaktu-waktu ponsel hilang atau dicuri. Tujuannya untuk mencari melacak ponsel lewat panggilan.

Related posts