5 Cara Melihat File Sampah Di Hp Oppo tanpa Harus Root

cara melihat file sampah di hp oppo

Jika Hp Oppo lemot, bisa jadi disebabkan oleh file sampah yang terlalu banyak dan menumpuk. Oleh sebab itu, harus mengetahui cara melihat file sampah di Hp Oppo supaya sampah-sampah tersebut mudah dibersihkan. Untuk itu, di bawah ini terdapat uraian singkat tentang teknik melihat file-file pengganggu ponsel tersebut. Silakan disimak, sehingga ketika sudah ada gejala ponsel lemot, bisa segera melakukan tindakan penghapusan. Ini cara-cara yang dimaksud:

1. Melihat File Sampah via Manajemen Aplikasi

Manajemen aplikasi bukan hanya fitur untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan saja. Tetapi lebih jauh dari itu, fitur ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk melihat file chace dan junk yang mengganggu ponsel.

Untuk cara melihatnya, silakan buka Hp Oppo lalu Tab ikon roda bergerigi. Setelah itu Klik Menu Setting lalu pilih fitur Manajemen Aplikasi. Nah, nantinya akan muncul beberapa fitur silakan tekan fitur Aplikasi. Pilih salah satu aplikasi, selesai, sampah-sampah yang menumpuk di ponsel sudah bisa dilihat. Untuk menghapusnya, tinggal klik saja tombol Delete Cache.

2. Cek File Sampah Melalui Manajer Telepon

Teknik atau cara melihat file sampah di Hp Oppo yang tidak ribet adalah melihat melalui Manajer Telepon. Ini merupakan cara yang paling populer karena cara mengoperasikannya sangat mudah dan simpel.

Jika tertarik dengan teknik ini silakan buka ponsel lalu klik Manajer Telepon. Jika ada opsi Bersihkan Memori, silakan klik saja menu tersebut. Nantinya pengguna akan melihat notifikasi cache dan junk yang harus dibersihkan. Nah, cache dan junk itulah sampah file yang menumpuk di ponsel Oppo. Selanjutnya terserah, apakah akan menghapusnya atau kembali ke tampilan awal.

3. Cek Saja Sampah File via Fitur Manager File

Untuk melihat file sampah di Oppo tidak cukup jika hanya menggunakan fitur Manajer Telepon. Pengguna harus mengelaborasikannya dengan membuka fitur Manager File yang juga termasuk fitur bawaan dari ponsel.

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya harus membuka ponsel terlebih dahulu. Selanjutnya silakan tab aplikasi Manager File lalu tekan opsi Bersihkan Memori. Selesai, file sampah telah muncul dan bisa dilihat dengan detail.

Jika ingin membersihkannya, silakan periksa fitur yang bertuliskan “File Sampah Dapat Dihapus”. Klik saja fitur tersebut, lalu akhiri dengan menekan tombol Bersihkan. Selesai, selain sudah melihat file tetapi juga sekaligus telah menghapusnya.

4. Memeriksa File Sampah Oppo dengan Fitur Pusat Keamanan

Untuk cara ke empat yaitu melihat file sampah dengan fitur pusat keamanan, tidak tersedia untuk semua ponsel Oppo. Melainkan hanya untuk ponsel yang menggunakan sistem ColorOS 3.0 saja. Ini juga tergolong cara yang paling mudah. Sebab, pengguna cukup masuk ke menu Pusat Keamanan setelah itu, scroll ke bawah lalu tekan tombol Bersihkan & Percepat. Nanti akan muncul file sampah yang ingin dilihat.

5. Melihat File Sampah dengan Aplikasi All In One Toolbox

Melihat file sampah bahkan menghapusnya dari ponsel Oppo bisa menggunakan aplikasi All In One Toolbox. Ini bukan merupakan aplikasi bawaan ponsel sehingga harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah unduh dan instal lalu buka aplikasi. Jika tampilan utama sudah muncul silakan pilih opsi Bersihkan. Nah, tunggu saja sampai scanning selesai, setelah itu akan muncul file sampah yang telah membuat ponsel lemot.

Itulah beberapa cara melihat file sampah di Hp Oppo yang sekaligus bisa menghapusnya agar ponsel tetap lancar. Silakan pilih salah satu teknik atau bisa menggunakan semua cara jika merasa satu cara masih belum memuaskan.

Baca Juga:
Cara Melihat File Sampah di HP Vivo
Cara Menggunakan DiskDigger Photo Recovery
Cara Melihat Pesan yang Dihapus di Instagram

Related posts