7 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Video Terbaik Dan Gratis

aplikasi pemutar video terbaik

Pada dasarnya tiap smartphone telah dibekali dengan aplikasi pemutar video bawaannya masing-masing. Namun terkadang karena kurangnya dukungan dari pihak developer sehingga aplikasi tersebut tidak memiliki fitur yang cukup baik dan bahkan sering kali memiliki banyak bug yang membuat kita merasa jengkel sendiri saat menggunakannya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan referensi untukmu tentang beberapa daftar aplikasi pemutar video terbaik yang bisa kamu coba secara gratis.

7 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Video Terbaik dan Gratis Untuk Smartphone

Tentunya aplikasi yang akan kami ulas di bawah ini merupakan aplikasi yang terbaik dengan fitur yang melimpah tanpa mengurangi stabilitas dan kecepatan aplikasi.

1.      MX Player – MX Media

MX Player merupakan aplikasi pemutar video yang mendukung semua format video dan audio dengan fitur subtitle yang telah terintegrasi secara langsung didalamnya. Aplikasi satu ini memiliki akselerasi yang begitu canggih berkat dukungan multi core decoder yang mana ini merupakan teknologi pertama yang digunakan oleh aplikasi pemutar video mobile. Tak ayal jika MX Player telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia dengan rating yang begitu mengesankan.

Semua jenis format film didukung oleh MX Player dan untuk format teks yang saat ini dukung meliputi .ssa .smi .srt .sub .idx .mpl .pjs .vtt .ass DVD, DVB, serta teletext. Sementara untuk kompatibilitas audio yang didukung meliputi AC-3, AAC, MP3, dan masih banyak lainnya. MX Player sepenuhnya gratis namun terkadang ada iklan yang cukup mengganggu, namun itu tidak jadi masalah karena kamu bisa menonaktifkan internet saat nonton film agar tidak terganggu dengan iklan.

2.      VLC for Android – Videolabs

VLC merupakan aplikasi pemutar video dan musik tipe open source yang sangat populer baik untuk perangkat PC maupun android. Terpilih dalam list editor choice aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna ini memang bisa dikatakan sebagai aplikasi yang terbaik.

Hal ini karena VLC di dedikasikan untuk semua orang dengan sumber kode terbuka yang bebas di akses secara gratis. Semua jenis format video seperti MKV, AVI, 3GP, MP4, M4V, MOV, TS, RMVB, FLV, WMV dan lainnya dapat dibuka oleh VLC.

Satu hal yang menarik dari VLC adalah bahwa aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis, tidak ada iklan dan tidak ada fitur berbayar. Tidak ada pula spying dan tracker yang terpasang didalamnya sehingga benar-benar aman digunakan. Fungsi dari VLC pun tidak hanya sebagai pemutar video namun juga sebagai pemutar musik dan audio, sebagai network streaming protocol, pemutar DVD ISOs, dan network share dan drive yang bisa digunakan antar platform.

3.      PLAYit – Yuvadvance Internet Private Ltd.

Tahukah kamu bahwa aplikasi yang hanya berukuran 15 MB ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna android di seluruh dunia loh. Tidak hanya itu, saat ini PLAYit memiliki rating 4.5 dari 1 juta pengulas versi Play Store. Itu berarti aplikasi pemutar video satu ini benar-benar memiliki kemampuan yang bagus dan mampu memberikan kenyamanan yang tinggi pada para penggunanya.

 

Beberapa fitur menakjubkan yang dimiliki oleh PLAYit diantaranya adalah dukungan terhadap semua format termasuk video DVD, TS dan MPG, kemampuan memutar video berosulisi 4K, kualitas pemutar suara yang dihasilkan jernih, mendukung konversi video ke audio, fitur putar di latar belakang, identifikasi file video secara otomatis di seluruh memori internal / ekternal dan satu lagi ialah fungsi kontrol gerakan untuk playback, kecerahan serta volume suara.

 

4.      XPlayer – Inshot Inc.

Inshot Inc. memang jadi rajanya developer aplikasi terbaik dan populer seperti halnya XPlayer yang saat ini menjadi aplikasi pemutar video dengan ulasan terbaik di Play store. Walau aplikasi memiliki tanggal rilis yang jauh lebih baru daripada dua aplikasi sebelumnya, namun jumlah unduhan yang sudah dimiliki tercatat di atas 50 juta tentunya ini membuktikan bahwa XPlayer jadi pilihan banyak pengguna karena keunggulan fiturnya.

 

Sebagai aplikasi yang telah mendapatkan mendapatkan penghargaan “best of 2017” XPlayer memang hadir dengan beragam keunggulan diantara para pesaingnya seperti kemampuan memutar video 4K dan 1080p, dukungan chromecast, dan kecepatan yang begitu mumpuni. Sama seperti MX Player, aplikasi ini pun memiliki akselerasi hardware yang begitu stabil. Jadi walaupun dipakai nonton video berjam-jam sekalipun kecepatan perangkat tidak akan melambat. Dan tidak sampai situ saja, XPlayer memiliki fitur pengunduh subtitle sehingga bagi yang hobi nonton film asing tidak perlu khawatir lagi dalam memahami bahasanya.

5.      KMPlayer – PANDORA.TV

Walau jumlah pengguna KMPlayer tidak sebanyak aplikasi pemutar video sebelumnya fitur yang dimilikinya justru sangat bagus. Misalnya resolusi video yang mampu diputar olehnya hingga 8k yang mana hal itu belum dimiliki oleh aplikasi lain.

Fitur-fitur penyesuainnya pun sangat luar biasa contohnya fitur pengaturan rona, saturasi, kontras, kecerahan, dan juga gamma. Aplikasi lain paling hanya memiliki pengaturan kecerahan saja, tidak sebanyak yang dimiliki KMPlayer ini.

Ada banyak fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh KMPlayer. Contoh fitur utama lainnya ialah berupa penanda (penanda posisi yang ingin diputar ulang), zoom video (perbesar dan perkecil ukuran video, menggerakan video, quick access button, pengulangan pemutaran bagian, moder cermin (membalik vide dari kiri ke kanan), jendela pop up (bisa digunakan satu layar bersama dengan aplikasi lain), equalizer (baik untuk musik maupun video), pengaturan kecepatan hingga 4 kali, pengaturan subtitle (warna, ukuran dan posisi subtitle), timer, chromecast (transmisi video ke televisi) serta masih banyak lainnya.

6.      UPlayer – UPlayer

UPlayer sangat cocok digunakan pada perangkat android yang memiliki dukungan speaker berkualitas tinggi karena mendukung musik player yang kuat dengan bass boost dan juga equalizer 5 band. Kemampuan yang begitu mengesankan dari UPlayer ialah fitur-fitur tambahannya yang sangat berguna bagi pengguna android yang hobinya nonton film.

Beberapa fitur tersebut antara lain perlindungan video dengan kunci sandi, pemotong video, chromecast, pengubah tema warna, kontrol gesture yang begitu mudah, pan dan zoom, pemutaran latar belakang, floating video (video sembulan), mode malam, mode diam / bisu, pemutar musik, dan duplikat finder.

UPlayer dikemas dengan UI yang menarik dan performa yang kuat walaupun hanya berukuran 10 MB. Dijamin kalian akan menyukainya.

7.      GOM Player – GOM & Company

Di perangkat PC GOM Player memang jadi juaranya dan reputasinya pun sangat bagus namun tidak dengan di Android karena kurangnya fitur yang memadai seperti halnya dukungan equalizer serta iklan yang sering tiba-tiba muncul sehingga sangat mengganggu.

Walau begitu GOM Player tetap menarik perhatian lebih dari 5 juta pengguna saat ini berkat UI nya yang nyaman dan dukungan terhadap 360 video.

 

Selain itu GOM Player dapat terhubung ke cloud dan jaringan internet seperti FTP, OneDrive, Google Drive, Dropbox, dan WebDAV. Sehingga kamu dapat memutar video secara langsung dari beberapa layanan tersebut.

Dari ketujuh aplikasi pemutar video di atas manakah yang akan kamu pilih?

Baca Juga:

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark

Related posts