Aplikasi Menyetel Gitar Terbaik Dan Termudah Bagi Pemula

5 Aplikasi Menyetel Gitar Terbaik Dan Termudah Bagi Pemula

Sebelum gitar dimainkan dan menghasilkan suara yang enak didengar, maka diperlukan penyetelan pada senar gitar. Penyetelan ini dilakukan supaya suara gitar tidak sumbang. Namun, seringkali orang-orang merasa kesulitan dalam menyetel gitar secara manual. Untuk itu diperlukan aplikasi menyetel gitar.

Pada dasarnya aplikasi ini bekerja dengan menyesuaikan suara dari senar gitar yang akan dicocokkan dengan nada yang seharusnya. Biasanya aplikasi penyetel gitar memiliki beberapa pilihan, untuk ukulele, gitar delapan senar, atau gitar enam senar. Berikut lima aplikasi menyetel gitar terbaik.

1. Fender Guitar Tuner

Aplikasi menyetel gitar pertama yaitu Fender Guitar Tuner. Perlu diketahui bahwa Fender merupakan sebuah produsen gitar terkenal. Fender Guitar Tuner adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan penghasil gitar tersebut.

Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di android maupun IOS. Desain pada aplikasi ini sederhana, namun kualitas penyetelannya baik dan akurat. Aplikasi Fender Guitar Tuner  cocok digunakan untuk pemula maupun profesional.

Fender Guitar Tuner menawarkan kemudahan bagi pemula, bahkan juga menyediakan tips untuk menggunakannya. Sedangkan untuk profesional, aplikasi Fender Guitar Tuner ini menawarkan keakuratan.

Fitur pada aplikasi ini yaitu terdapat dua model berbeda, yaitu mode auto dan mode manual. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan penyetelan untuk beberapa instrumen, seperti gitar listrik, gitar akustik, bass, dan ukulele.

 

2. Guitar Tuna

Aplikasi ini merupakan aplikasi populer. Guitar Tuna dikembangkan oleh Yousician dan sudah tersedia secara gratis di playstore. Namun untuk menggunakan fitur-fitur lainnya diperlukan upgrade aplikasi yang berbayar.

Guitar Tuna memiliki desain yang sederhana namun menarik. Aplikasi ini juga memiliki fitur profesional. Tersedia mode auto dan mode manual. Selain itu, Guitar Tuna juga dapat menyetel beberapa instrumen, di antaranya seperti gitar akustik, gitar listrik, biola, cello, dll.

 

Baca juga: 10 Aplikasi Jualan Pulsa Termurah dan Terpercaya Di Android

3. Chromatic Guitar Tuner

Chromatic Guitar Tuner adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Gismart. Aplikasi ini tersedia gratis di playstore. Aplikasi Chromatic Guitar Tuner cocok untuk para pemula karena mudah digunakan dan menggunakan interface sederhana.

Chromatic Guitar Tuner ini memiliki fitur garpu tala dimana nada yang dihasilkan mulai dari 1 hz sampai 22050 hz. Kelebihan aplikasi ini yaitu dapat menyetel dengan presisi yang tinggi. Selain itu juga mampu menyetel instrumen lain, contohnya ukulele, biola, bass, dan banjo.

 

4. Tuner – Gstrings

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana tetapi menghasilkan penyetelan yang akurat. Daripada memfokuskan pada tampilan secara visual, aplikasi ini lebih mengutamakan kualitas dari penyetelan.

Tersedia pengaturan untuk mengatur tingkat sensitivitas mikrofon pada perangkat yang digunakan. Pengaturan sensitivitas mikrofon dapat diatur sedemikian rupa sehingga suara selain dari senar gitar tidak mudah terdeteksi. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat membuat nada menjadi terdengar bagus.

 

5. Pano Tuner

Aplikasi terakhir yaitu Pano Tuner. Aplikasi ini dapat didownload dengan mudah di playstore. Selain itu aplikasi Pano Tuner cocok digunakan untuk pemula maupun profesional. Interface pada aplikasi ini sederhana tetapi memiliki desain yang menarik.

Aplikasi Pano Tuner menyediakan pengaturan sensitivitas mikrofon dan memiliki kecepatan tinggi sehingga mampu menghasilkan penyetelan yang akurat. Aplikasi ini juga memiliki fitur tuning non standar. Selain gitar Pano Tuner dapat digunakan untuk menyetel instrumen tanpa senar seperti terompet dan piccolos.

Kehadiran aplikasi menyetel gitar mempermudah dalam penyetelan gitar. Selain itu, penyetelan biasanya menjadi lebih cepat daripada saat menyetel secara manual. Aplikasi-aplikasi ini juga menawarkan keakuratan sehingga gitar yang telah disetel memiliki nada yang bagus dan tidak sumbang.

About Dee

Seorang yang penuh rasa ingin tahu dan ambisius yang selalu mencari karya klasik. Penggemar kopi dan teknologi terbaru.